Pages

Rabu, 14 April 2010

CSCW (Computer Supported Cooperative Work)

CSCW merupakan tempat utama untuk menyajikan riset dalam desain dan penggunaan teknologi yang akan mempengaruhi kelompok, organisasi, dan masyarakat. Pengembangan dan penerapan teknologi baru terus memungkinkan cara-cara baru kerja sama dan koordinasi kegiatan. Meskipun pekerjaan merupakan area yang penting fokus untuk konferensi, teknologi semakin mendukung berbagai kegiatan rekreasi dan sosial. CSCW juga merangkul berbagai peningkatan perangkat, seperti yang kita berkolaborasi dari konteks yang berbeda dan situasi. Konferensi menyatukan peneliti atas dan praktisi dari akademisi dan industri yang tertarik baik dalam aspek teknis dan sosial dari kerja sama.

Groupware itu sendiri adalah jenis software yang membantu kelompok kerja (workgroup) yang terhubung ke jaringan untuk mengelola aktivitas mereka. CSCW lebih berorientasi kepada evaluasi terhadap hal-hal yang terjadi dalam proses interaksi antar manusia dalam sekelompok pengguna. Interaksi tersebut antara lain:

* Komunikasi Face To Face

Pada komunikasi face to face tidak hanya meliputi bicara dan pendengaran, tapi juga menggunakan bahasa tubuh dan tatapan mata..

* Percakapan

Analisis percakapan difokuskan untuk pada percakapan antara dua orang yang dan berkaitan dengan aspek sosial dan psikologis. Dalam kaitannya dengan CSCW percakapan dijadikan dasar untuk mengarahkan desain media elektronik sehingga terhindar dari kesalahan.

Percakapan dilakukan tidak hanya untuk saling bertukar informasi tapi juga melibatkan pengujian dan saling coss chek dari pemahaman partisipan lain. Sehingga pada percakapan yang dilakukan bisa jadi memiliki pengertian yang berbeda bagi pembicara dan pendengar.

* Komunikasi Berbasis Teks

Dalam groupware yang asynchronous (dan beberapa sistem synchronous), bentuk komunikasi langsung yang dominan adalah berbasis teks. Komunikasi berbasis teks dalam sistem groupware seperti tiruan dari percakapan, sehingga terdapat beberapa masalah dalam mengadaptasi antara 2 media.

Ada 4 tipe komunikasi tekstual dalam groupware:

1. discrete; pesan langsung seperti dalam email

2. linear; pesan partisipan ditambahkan pada akhir dari catatan tunggal

3. non-linear; saat pesan dihubungkan ke yang lainnya dalam model hypertext

4. spatial; dimana pesan diatur dalam permukaan dua dimensi

Beberapa masalah yang timbul dalam komunikasi berbasis teks:

1. Back channel

Kehilangan back channel dan nada suara serta bahasa tubuh pembicara.

2. Grounding constraint

Adalah sifat dari channel dimana para pembicara berkomunikasi, meliputi:

cotemporality; ucapan didengar segera setelah diucapkan

simultaneity; partisipan dapat mengirim dan menerima pada waktu yang bersamaan

sequence; ucapan-ucapan diurutkan

Dalam sistem berbasis teks, partisipan yang berbeda dapat menyusun simultaneously, tapi kurang cotemporality.

3. Turn taking

Tidak adanya back channel menimbulkan kesulitan bagi pendengar untukmenginterupsi percakapan (turn-taking).

4. Konteks

Hilangnya back channel dan kemungkinan giliran yang overlapping, menyebabkan sulitnya menentukan konteks dari ungkapan tekstual.

5. Hypertext

Berkurangnya langkah dari percakapan berbasis teks berarti bahwa partisipan dipaksa untuk meningkatkan granulity pesan.Ini dapat diatasi dengan pesan multiplexing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar