Pages

Jumat, 25 Februari 2011

Gunung Bromo


Gunung Bromo berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti Brahma. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Bromo mempunyai ketinggian 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang.

BROMO-PANANJAKAN

Gunung yang terletak di Bromo-Tengger-Semeru National Park, Jawa Timur ini merupakan gunung api aktif dengan ketinggian 2.392 m. Gunung Bromo memiliki kawah dengan garis tengah 800 m dari sisi utara hingga selatan dan 600 m dari sisi timur hingga barat. Bentuk tubuh Gunung Bromo sisi utara bertautan dengan kaldera atau lautan pasir seluas 10 km2. Untuk mencapai puncak pananjakan kita akan melalui lautan pasir serta jalan berbatu.

Untuk melihat pemandangan di penanjakan kita harus menaiki 250 anak tangga. Di sini, kita bisa menikmati alam pegunungan yang sejuk, yang bahkan bisa mencapai 0 derajat Celcius di musim panas. Pura yang terletak di bawah kaki bagian utara Gunung Bromo tampak seperti perahu kecil yang sedang berlayar di lautan pasir.

Pemandangan dari Gunung Pananjakan, yang terletak di sebelah utara padang pasir juga tak kalah menakjubkan. Deretan puncak Gunung Bromo, Batok, dan Semeru terlihat sangat cantik dari puncak Gunung Pananjakan. Penampakan matahari terbit menjadi saat yang paling dinanti para wisatawan. Awan terlihat seperti lautan yang mengelilingi deretan pegunungan. Warna langit yang berubah dari hitam menjadi kuning lalu bercampur biru dan putih, mengiringi kemunculan sinar matahari. Saat matahari bersinar, kita bisa melihat keindahan alam pegunungan dengan deretan pohon cemara serta tanaman bawang di belakang pemukiman penduduk desa Ngadisari.

Bromo sempat berstatus siaga dan akhirnya Bromo dinyatakan 'awas' pada tanggal 23 Oktober 2010. Pada jumat, 26 oktober 2010 sekitar pukul 17.40 Waktu Indonesia Barat gunung Bromo akhirnya meletus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar