Pages

Sabtu, 07 Mei 2011

4 tips bertamu

1. Ucapkan Salam.
Bila bertemu penghuni rumah, ucapkan salam disertai jabat tangannya. Sebagai penghormatan kepada pemilik rumah, sekaligus tanda Anda sudah datang. Begitu juga ketika Anda hendak pamit, ucapkan salam dan jabat tangan pula.

2. Ingat Waktu.
Namanya bertamu harus ingat waktu. Lain soal, bila Anda berniat menginap dan sudah disetujui penghuni rumah. Tapi bila hanya kunjungan biasa, jangan merasa terlalu santai dan berlama-lama. Ada tuan rumah yang amat sangat ramah sehingga sengan dengan kunjungan Anda, namun sebenarnya ia punya kesibukan yang harus dikerjakan. Jelilah melihat situasi.

3. Minta Ijin.
Selama bertamu, jangan memegang barang-barang yang ada di ruang tamu, seperti hiasan, album foto atau majalah, sebelum mendapat ijin dari si empunya rumah. Cara paling jitu ya bertanya. Atau pancing dengan pujian tentang barang-barangnya, jika bila sikapnya agak enggan, lebih baik jangan memaksa. Apalagi ini kunjungan pertama dan hubungan Andan dengan tuan rumah tidak terlalu dekat, bisa-bisa Anda masuk blacklist-nya.

4. Jaga Sikap.
Bersikap sopan selama bertamu, terutama bila Anda baru berkenalan. Cari topik umum yang aman untuk dibicarakan, sambil memperkenalkan keluarga atau penghuni rumah Anda. Jaga pula omongan Anda, misalnya jangan sekali-sekali mengritik interior rumahnya , seberantakan apapun itu. Situasi akan berbeda bila Anda sudah kenal lama dan dekat dengan penghuni rumah. Anda bisa bebas bicara apa saja dengan suasana penuh keakraban, bahkan duduk dengan santai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar