Pages

Selasa, 23 Februari 2010

Interaksi Manusia Dengan Komputer

Pengertian interaksi manusia dengan komputer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana pengguna dapat berkreasi untuk mendesain sistem komputer menjadi sesuatu yang menarik dan tidak menyulitkan , sehngga pengguna akan merasa lebih nyaman dalam mengoperasikannya karena semuanya terasa begitu mudah untuk menggunakannya.Kemudian , dalam berinteraksi dengan perangkat keras yang bernama komputer ini , para pengguna akan menemukan komponen-komponen yang saling erat kaitannya akan fungsinya untuk dapat berinteraksi.Contoh komponen tersebut seperti keyboard, monitor, mouse, dan lain-lain.

Pengguna harus dapat mengoperasikan komponen tersebut.Selanjutnya, pengguna akan berhadapan dengan macam-macam tampilan menu , yaitu macam-macam perintah yang terdiri dari kata-kata yang harus diketikkannya, misalnya save, copy, delete, atau macam-macam ikon.Komponen, perintah, ikon dan lain-lain yang disebutkan di atas dikenal dengan nama interface (antarmuka). Interface ini merupakan lapisan pertama yang langsung dihadapi oleh pengguna.Pengguna pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan ke dalam kotak cpu melalui keyboard.Pengguna selalu terpacu pada monitor sebagai keluaran. Pengguna jarang sekali menyadari proses interaksi tersebut.Pengguna biasanya baru menyadari akan interaksi tersebut saat menemukan masalah dan kemudian tidak menemukan jalan keluar akan solusi untuk memecahkan permasalahannya. Sehingga pengguna menyalahkan tampilan yang kurang inovatif, kurang menarik, kurang komunikatif.

Contoh lainnya juga tanpa disadari para pengguna telah berinteraksi atau berdialog dengan sebuah layar monitor, yaitu dalam bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau melakukan satu sentuhan kecil pada mouse. Yang kemudian hasil inputan ini akan berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan mesin pencetak (printer). Akan tetapi manfaat yang ada dengan adanya interaksi tersebut contoh kecilnya yaitu saat pengguna dapat menggunakan fasilitas internet , sehinnga dengan menggunakan internet pengguna dapat mencari informasi yang dibutuhkan dengan cepat.

Tentunya suatu hal pasti terdapat hal positif dan negatifnya sehubungan dengan tema interaksi manusia dengan komputer ini , maka semuanya bergantung pada si pengguna bagaimana dia dapat membedakan antara sesuatu yang baik atau buruk untuk dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar