Pages

Selasa, 25 Mei 2010

Ilmuwan Ciptakan Robot Kupu-kupu

Para ilmuwan di Jepang, sukses membuat robot kupu-kupu yang bisa berfungsi dengan baik. Wujudnya mirip kupu-kupu sungguhan, lengkap dengan sayap indah dan bisa terbang.

Temuan ini dipublikasikan dalam jurnal ilmiah IOP Publishing's Bioinspiration & Biomimetics dan didokumentasikan dalam bentuk video yang diunggah ke YouTube.

Menurut para peneliti, di antara banyak jenis kupu-kupu, swallowtail merupakan tipe yang paling unik. Jenis kupu-kupu ini memiliki sayap yang lebih luas dan lebar ketimbang tubuhnya. Itu sebabnya, kupu-kupu swallowtail memiliki tingkat kecepatan terbang yang rendah karena kemampuan untuk mengendalikan fungsi aerodinamikanya sangat terbatas.

Gerakan tubuhnya pun pasif, tak seperti kupu-kupu lain yang reaksi terhadap gerakan aerodinamikanya aktif. Demikian keterangan yang dikutip detikINET dari Science Daily, Senin (24/5/2010).

Untuk membuktikan kupu-kupu swallowtail bisa terbang lurus hanya dengan gerakan sederhana, dibuatlah sebuah replika kupu-kupu yang sangat mirip dengan aslinya. Didalam robot kupu-kupu mungil tersebut dibenamkan software analisa gerak untuk memudahkan peneliti mengawasi performa terbangnya.

Percobaan menggunakan replika kupu-kupu itu memperlihatkan bahwa aktivitas terbang dapat dilakukan dengan sebuah gerakan sederhana tanpa pengawasan feedback. Cara kerja robot kupu-kupu ini selanjutnya bisa diterapkan pada sistem aerodinamika generasi terbaru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar