Pages

Selasa, 25 Mei 2010

Vitamin-vitamin yang Dikonsumsi Sesudah Makan

Beberapa vitamin dan suplemen dianjurkan untuk diminum sebelum makan, tapi ada juga yang disarankan dikonsumsi setelah makan. Ini karena vitamin dan suplemen dapat berinteraksi satu sama lain dengan obat-obatan dan bahkan jenis makanan tertentu.

Tapi sebagian besar vitamin mungkin tidak masalah dikonsumsi sebelum atau sesudah makan.

Seperti dilansir dari Nutrition.about.com dan Truestarhealth, Selasa (25/5/2010), beberapa vitamin dan suplemen ternyata dapat memicu keracunan bila dikonsumsi berbarengan dengan jenis makanan tertentu, dan juga sebaliknya dapat membahayakan lambung bila diminum dalam keadaan perut kosong.

Vitamin dan suplemen yang sebaiknya dikonsumsi sesudah makan adalah:

1. Suplemen asam klorida

Suplemen asam klorida bekerja dengan baik ketika dikonsumsi di awal makan. Suplemen asam klorida sering digunakan oleh orang yang mengalami kesulitan menghasilkan cukup asam klorida dalam perut ketika makan. Bila suplemen asam klorida dikonsumsi saat perut kosong tanpa menambah makanan untuk dicerna, maka ini dapat menyebabkan rasa panas di perut.

2. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks sering menyebabkan mual ringan. Hal ini dapat dihindari dengan mengonsumsi vitamin B kompleks dengan makanan ringan. Tapi jangan makan makanan berminyak bila Anda akan mengonsumsi vitamin B kompleks, karena akan mengganggu penyerapan.

3. Vitamin A, D, dan K

Vitamin A, D, dan K adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin ini memerlukan lemak, baik hewani maupun nabati untuk dapat mengoptimalkan penyerapannya dalam tubuh. Vitamin ini baik dikonsumsi dengan makanan dan sesudah makan.

4. Vitamin C

Vitamin C memang tidak memerlukan lemak untuk melarutkannya dalam tubuh. Tapi sebagian besar vitamin C bersifat asam, maka sebaiknya dikonsumsi sesudah makan untuk menghindari iritasi pada lambung, terutama pada penderita maag.

5. Suplemen seng

Mengonsumsi terlalu banyak seng sekaligus dapat menyebabkan kram perut dan mual. Untuk mengurangi efek ini, sebaiknya suplemen seng dikonsumsi sesudah makan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar